Masih Makan Mi Instan?

Makanan satu ini kerap dikonsumsi masyarakat luas. Banyak orang yang mengabaikan bahaya dari mengonsumsi makanan cepat saji yang satu ini. Apakah Anda termasuk juga?

Walaupun mi instan enak dan praktis untuk meredam lapar. Harus disadari bahwa makanan ini tidak bisa menggantikan nutrisi yang tubuh Anda butuhkan. Pengawet dengan bahan kimia dan bumbu yang tidak alami bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Sebelum memakan mi instan ini, Anda harus sadar akan apa saja bahaya dari mengonsumsinya. Berikut adalah bahayanya mi instan dari berbagai sumber:

1. Menganggu Penyerapan Nutrisi

Mi instan ternyata menganggu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Sangat disarankan untuk anak-anak agar tidak mengonsumsi mi instan karena menghambat pertumbuhan mereka.

2. Obesitas

Mengonsumsi mi instan dapat berakibat obesitas. Memang mi instan memberikan efek mengenyangkan, namun cepat juga membuat Anda merasa lapar kembali dan cenderung membuat Anda juga ingin makan lagi.

Kandungan kalori dan karbohidrat juga tinggi. Banyak yang mengonsumsi mi instan dengan mencampurnya dengan nasi dan yang paling sering adalah mengonsumsi mi instan pada malam hari. Kelebihan kalori dan karbohidrat akan memicu obesitas.

3. Resiko Keguguran

Membuat wanita hamil berisiko mengalami keguguran. Bahan pengawet dan bumbu yang digunakan untuk membuat mi instan bisa memengaruhi perkembangan janin.

4. Resiko Kanker

Bahan pengawet yang digunakan mi instan supaya bisa disimpan lebih lama. Bahan kimia ini tidak alami dan memiliki sifat karsinogenik yang akan memicu sel-sel kanker.

5. Gangguan Sistem Pencernaan

Nutrisi yang dibutuhkan tubuh berdampak pada terganggunya sistem pencernaan. Pencernaan Anda membutuhkan bantuan mineral dan nutrisi yang tidak ditemukan mi instan. Jika pencernaan terhambat, maka Anda akan mengalami sembelit, kembung, bahkan yang paling parahnya bocor pada usus.

6. Merusak Hati

Makan mi instan jangka panjang akan menyebabkan kerusakan hati. Zat berbahaya di dalam mi instan merusak dan mengganggu fungsi hati seiring dengan waktu.

7. Tekanan Darah Tinggi

Mengandung sodium yang meningkatkan tekanan darah tubuh. Apabila sudah mempunyai tekanan darah tinggi, lebih baik Anda jangan mengonsumsi mi instan.

8. Batu Ginjal

Satu lagi memicu munculnya batu ginjal. Kandungan sodium yang cukup tinggi pada makanan ini membantu pembentukan batu ginjal.

9. Merusak Jaringan Otak

Zat-zat kimia yang berbahaya dalam mi instan menumpuk dalam tubuh apabila sering dikonsumsi. Efeknya bisa merusak sel-sel jaringan otak. Kerusakkan jaringan otak akan memicu penyakit lain seperti stroke.

10. Kencing Manis

Konsumsi mi instan juga dapat memicu kencing manis karena kandungan gula yang melimpah pada mi instan.

11. Mengganggu Jadwal Menstruasi

Efek buruk bagi wanita jika dikonsumsi terlalu sering adalah mengganggu hormon yang mengontrol siklus bulanan wanita. Gangguan pada hormon juga menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat.

Walaupun banyak juga cara konsumen untuk mengatasi bahaya mi instan ini, lebih baik menghindarinya sama sekali daripada mengambil resiko kesehatan Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*