Lawan Sakit Dengan 11 Makanan Ini

Berikan sistem daya tahan tubuh nutrisi tambahan dengan makanan ini supaya hari sakit Anda lebih sedikit, dan hari produktif lebih banyak!

Makanan Hidup
Usus yang sehat adalah teman terbaik untuk melawan virus dan bakteria. Tambahkan jumlah populasi bakteria baik untuk memperbarui jumlahnya yang sudah berkurang karena kegiatan yang melelahkan.

Makan: yogurt, kimchi, tempe, dan cuka apel (dilarutkan).  

Sup Ayam
Baik untuk saluran pernapasan yang memputuhkan penyembuhan atau jiwa Anda sekalipun, ada alasan mengapa sup ayam menempati peringkat atas. Riset sudah membuktikan bahwa sup mempunyai manfaat terhadap daya tahan tubuh berkat efek anti inflamasi yang ringan pada kuahnya. Kandungan protein pada ayam juga meningkatkan daya tahan tubuh. Tambahkan banyak sayuran untuk vitamin, mineral dan antioksidan yang semuanya adalah teman untuk melawan flu dan pilek.

Makan: Perbanyak konsumsi sup ketika Anda flu atau pilek, tapi hindari sup kaleng yang kandungan sodiumnya tinggi.

Semua buah dan sayuran
Masih ingat kampanye empat sehat lima sempurna? Hal terbaik yang bisa dilakukan ketika makan untuk kesehatan adalah dengan memakan makanan yang warna-warni seperti pelangi. Makanan-makanan yang kaya warna seperti sayuran, tauge, cabe, berri semua memiliki level antioksidan dan vitamin yang tinggi. Riset juga menunjukkan bahwa kekurangan nutrisi tertentu seperti antara lain— zat besi, selenium, vitamin A, B6, C, dan E—daya tahan tubuh pada binatang dapat terkompromi. Makanlah makanan yang bervariasi dan berwarna, dan sistem daya tahan tubuh Anda akan selalu kuat.

Makan: Segenggam sayuran yang berwarna-warni pada setiap kali makan. Tambahkan sayuran dengan cara dijus bersama dengan minuman smoothie Anda.

Makanan dengan vitamin D
Tidak heran apabila flu dan pilek dikaitkan dengan musim hujan yang lebih kelam dan dingin. Riset menemukan bahwa orang dewasa dengan level vitamin D di tubuh mereka lebih rentan terinfeksi batuk, pilek, atau infeksi saluran pernapasan. Mungkin karena Anda tidak dapat mendapatkan vitamin D yang cukup dari matahari karena pekerjaan yang begitu sibuknya, memperhatikan makanan yang dimakan sangat penting. Makan ikan yang berlemak (salmon, tuna), pangan fortifikasi seperti jus jeruk dan roti gandum utuh, telur dan supplemen. Jika memilih supplemen pastikan vitaminnya D3 karena itu yang paling menyerupai vitamin yang diproduksi tubuh kita.

Makan: Tambahkan susu pilihan kepada kopi, ikan pada salad Anda atau telur dadar dengan banyak sayuran!

Kunyit dan kurkumin
Manfaat anti inflamasi dari kunyi sangat populer belakangan ini. Manfaat ini sebenarnya datang dari kurkumin, bagian kekuningan-oranye dari kunyit. Kalau Anda menyukai kari, bagus karena itu adalah makanan dengan rempah super tersebut. Tapi waspadalah karena isu dengan kurkumin dan kunyit adalah bioavailabilitasnya, yang memerlukan fitosome untuk meningkatan penyerapannya ke dalam darah. Fitosom dapat diperoleh melalui supplemen.

Makan: Traktir diri Anda sendiri atau bersama teman dan keluarga untuk mencoba makanan India, atau tambahkan lebih banyak kunyit pada masakan Anda.

Teh hijau
Tetaplah hangatkan diri ketika ingin membangun daya tahan tubuh. EGCG adalah antioksidan yang banyak ditemukan di teh hijau. EGCG secara alami melindungi banyak sel dari kelelahan dan melindungi mereka dari ancaman oleh komponen yang ingin menyerang kesehatan Anda.

Minum: Sesekali ubah rutinitas meminum kopi Anda dengan teh hijau.

Bawang
Bawang menyediakan banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaatnya berasal dari kuersetin yang dapat ditemukan di sayuran ini. Kuersetin adalah antioksiden yang kuat dan dikenal untuk efek anti virus dan anti inflamasi. Riset menunjukkan bahwa dosis harian kuersetin akan mengurani infeksi virus dan inflamasi yang disebabkan oleh olahraga yang berat.

Makan: Saute dan tambahkan ke masakan, telur dadar atau gunakan mentah pada salad Anda. Bawang adalah pengganti garam atau lemak untuk menambakan rasa.

Zat besi
Riset menunjukkan bahwa tingkat zat besi yang rendah di tubuh berhubung dengan berkurangnya jumlah sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi.

Makan: Tiram kaya akan zat besi dan menyetiakan 700 persen dari kebutuhan harian Anda.

Labu
Sayuran ini kaya akan vitamin A dan beta-karoten. Beta karoten membantu melindungi kulit dari sinar matahari dengan memantulkan cahaya ultraviolet dan memperbaiki sel yang rusak karena kelebihan kemaparan oleh ultraviolet. Vitamin A melindungi tubuh dari kulit kering dan sinus yang kering, mencegah virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh.

Makan: Sajikan labu yang dipanggang dengan sayuran dan alpukat (lemak pada alpukat akan menambah penyerapan vitamin A) atau dibuatkan menjadi sup labu.

Almond
Sumber protein nabati dan lemak yang sehat dan menakjubkan.

Makan: Campur dengan bubur gandum atau sereal, atau bahkan makan dengan sendirinya.

Bubur gandum
Bubur gandum kaya akan serat yang dikenal sebgai beta-glukan yang meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi. Hubungan beta-glukan dengan kesehatan jantung serta penguranan tingkat kolesterol sangat dikenal. Tapi ilmuwan sekarang juga berpikir bahwa bubur gandum mempunyai pernanan dalam melawan infeksi saluran pernapasan. Dalam sebuah riset, tikus lab yang diberikan beta-glukan selama 10 hari mendapatkan jauh lebih sedikit infeksi setelah berlarian di atas treadmill dibandingkan spesimen yang tidak diberikan supplemen.

Makan: Substitusi nasi dengan bubur gandum atau gunakan bubur gandum ketika membuat kue.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*