Susu Emas Sehat?

Industri kuliner hari ini memiliki banyak warna. Sekarang muncul minuman kekinian yang klaimnya sehat dinamakan susu emas atau golden milk. Masih banyak lagi minuman seperti misalnya boba, milk tea, dll. Tapi kali ini kita membahas susu emas dulu.

Namanya sesuai dengan warnanya yang keemasan yang sebetulnya juga adalah turmeric latte. Minuman ini dapat berwarna seperti itu karena berbahan dasar susu dan mengandung kunyit. Tren susu emas sebetulnya berasal dari kota-kota di negara barat dan kabarnya sudah menyebar sampai Indonesia.

Bukan minuman baru

Minuman ini bukan minuman baru, dan merupakan sebuah improvisasi dari minuman tradisional Inddia.

Di India, minuman ini disebut haldi ka doodh yang sesuai namanya terbuat dari susu dan kunyit. Minuman ini sudah dikonsumsi sejak 4000 tahun lalu. India adalah salah satu produsen kunyit terbesar di India dan tidak heran apabila mereka banyak mengonsumsi kunyit.

Susu yang digunakan pun dapat bermacam-macam, mulai dari susu sapi, susu kedelai, almond, kacang mede, santan, dan lainnya.

Meski minuman susu emas ini populer karena dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan, terutama khasiat anti-inflamasi dari kunyit. Terlebih karena masyarakat India secara luas mengonsumsi kunyit untuk mengatasi gejala pencernaan, radang sampai dengan flu.

KlubSehat tidak sepenuhnya sependapat tentang manfaat minuman susu emas ini. Walaupun kunyit sudah biasa juga digunakan sebagai bumbu masak dan diolah menjadi minuman seperti kunyit asam, dll.

Susu sebetulnya adalah minuman yang relatif sehat, namun perlu diperhatikan asal usulnya. Umumnya susu adalah susu sapi, namun industri susu sapi hari ini bukanlah seperti dulu. Di mana sekarang sapi disuntik dengan banyaknya antibiotik agar bisa terus menghasilkan susu secara tidak alami.

Susu lainnya selain susu sapi, seperti susu kacang juga perlu diperhatikan karena umumnya kebanyakan kacang kedelai berasal dari benih yang sudah dimodifikasi genetikanya atau lebih dikenal sebagai produk/bahan GMO (Genetically Modified Organism).

Khasiat…

Seperti biasanya satu cup susu (250ml) yang terbuat dari susu sapi memiliki sekitar 149 kalori, dengan kandungan lemak 7.9 gram, lemak jenuh 4.6 gram. Angka tersebut dapat bertambah apabila Anda menggunakan susu sapi full cream. Selain itu, protein yang terkandung relatif tinggi, yakni 7.7 gram.

Lantas, apakah khasiat dari kunyit yang dapat Anda peroleh? Simak daftarnya di sini!

  • Kunyit anti radang

Kunyit mengandung kurkumin, zat polifenol yang memiliki berbagai khasiat positif untuk kesehatan. Kurkumin di dalam kunyit memiliki khasiat anti radang yang dapat bermanfaat untuk membantu meredakan berbagai penyakit seperti radang sendi, alergi, penyakit celiac, dan autoimun.

Bahkan, kemampuan kurkumin sebagai anti radang dan anti nyeri tersebut ditemukan hampir menyamai khasiat dari ibuprofen, obat yang dikenal memiliki khasiat anti inflamasi, anti nyeri, dan anti piretik (penurun panas).

Konsumsi kunyit memang tidak serta-merta dapat menyembuhkan kondisi tersebut. Namun, kurkumin dapat membantu meredakan gejala penyakit dan membuat penderitanya menjadi lebih nyaman

  • Kunyit membantu menangkal bakteri jahat di mulut

Selain untuk penyakit peradangan, konsumsi kunyit juga bermanfaat untuk menangkal bakteri jahat di dalam mulut. Manfaat ini sebenarnya sudah diketahui secara tradisional, yakni kunyit digunakan untuk membantu mengatasi radang gusi, sakit gigi, dan bau mulut.

Menurut suatu studi yang dipublikasi pada tahun 2017, berkumur dengan kunyit hampir menyamai khasiat dari obat kumur yang mengandung chlorhexidine yang banyak diresepkan oleh para dokter gigi.

Menurut KlubSehat mengonsumi kunyit terpisah dengan makanan lain daripada harus meminumnya dengan susu lebih baik. Tren minuman kekinian yang bermunculan saat ini perlu diperhatikan bahan yang digunakannya sebelum dikonsumsi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*